Kamis, 16 Februari 2012

First Day di Kampus


“Udah lama nggak ketemu mereka” celetuk Melisa di suatu pagi.
            “Bener. Ramadhan nanti, reunian yuk!” sambung Yuna sumringah.
            Tak ada jawaban. Yang lain pada sibuk dengan handphone masing-masing.
            “Antunna denger nggak sih?” Yuna mulai protes. Kami tersenyum saja. lalu kembali lagi dengan kesibukan masing-masing. Maaf ya, yun! Lagi penting nih! Hehe..
            Antunna itu berartikan kalian. Dalam Bahasa Arab diperuntukkan untuk panggilan ke perempuan. Tata bahasanya lumayan banyak. Sudahlah! Intinya antunna itu berartikan kalian.
            Saya perkenalkan teman-teman saya yang menjadi peri-peri kehidupan saya sekarang. Saya sebut satu persatu saja ya, kalo dikenalkan sekaligus nanti kelamaan.
Melisa dan Yuna yang sudah saya terlanjur sebut. Melisa itu teman yang paling baik. Kalo bicara tentang ras dan keturunan, Melisalah yang paling putih. Putih di kulit. Ia rame. Namun kadang ia sedikit malas untuk bergabung sama kita dalam percakapan yang panas. Seperti gosip lah kata kasarnya. Tapi kami jarang melakukan itu. Menggosip itu tidak baik. Dosa! Iya kan? (kata Yuna, “Awas ajah kalo ketahuan menggosip!” Hoho.. ente juga kan?)
Yuna. Cewek paling gubrakk buat saya. Tapi dialah yang paling tegas di antara kami. Tegas bukan berarti dewasa lho! Kalo menyinggung tentang kedewasaan, saya lah yang paling dewasa! Hehe.. pasti pada protes!
Saya menyebut mereka ‘akhwat’. Yang berartikan saudara-saudara perempuan. Bahkan terkadang ada dari mereka yang menambahkan huruf s, menjadi ‘akhwats’. Maksud mereka sih kalo banyak dipanggil akhwats saja. Tapi kan salah. Dalam Tata Bahasa Arab, akhwat itu sudah jama’. Emang Bahasa Inggris begitu, tapi kan ini lain! Namun mereka juga membela “Kita kan Indonesia. Nyampur-nyampur nggak papa kalee!”
Well! Mungkin karena di pondok, kami menggunakan Bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan sehari-hari. Tidak ada hari yang membolehkan kami berbahasa Indonesia. Untuk pendidikan, kami setuju dengan peraturan itu. Walau aoaK berat menjalaninya.
“Kita masuk jam berapa nih, Ya?” Yuna menyikut lengan saya. “Aya?” panggilnya berat. Suara Yuna memang begitu. Berat-berat gimana gitu. Kalo bidang tarik suara, Yuna paling hebat. Suaranya indah. Serak-serak basah. Agak mirip dengan suara saya. Hehe.. jangan ada yang protes lho!
Melisa dan Yuna sudah saya sebut. Sebenarnya masih ada empat lagi. Belum juga saya menyebut teman-teman putra. Total keseluruhan sebelas. Wahh.. masa isi tulisan saya tentang mereka satu-persatu? Siapa yang mau baca nanti? Belum lagi kalo teman-teman yang di Jawa minta disebut juga? Waduhh.. total 40 dong. Tambah putranya 60 jadi 100-an. Whoaaaa.. nggak jadi nulis!
Oke. Saya sebut yang terdekat saja lah. Kalau memang penting, akan saya tulis juga. Tapi ber-part saja. Kepanjangan kalo ditulis se-part.
“Aya?” ulang Yuna. Lamuman saya pun buyar. Terkocok oleh senggolan Yuna yang seakan membanting tubuh saya. Saya terjatuh.
Afwan, Ya!” senyum singkat Yuna menambah rasa keki saya.
Tubuh saya memang kecil. Itu agak halus sedikit. Lebih halusnya langsing, hehe. Tapi jujurnya kurus, :( ! Yap, mungkin di antara akhwats, saya yang paling kurus, ringan sehingga disenggol dikit langsung terjungkir! Tapi gini-gini saya yang paling kece! Hahayy.. pada protes lagi nih, yang laen!
“Baek-baek kek, Yun! Ngertiin ana dong! Jahat, ente!” semprot saya sambil manyun.
Ana itu artinya saya, ente itu kamu. Terkadang logat pondok masih sering terlontar. Sebenarnya dalam percakapan sehari-hari, kami tidak menggunakan logat pondok yang kadang bernada Jawa. Karena kami staying di Kendari, jadi logat kami mengikuti arus sini. Kalo saya tulisnya pake logat Kendari, wahh.. sedikit yang paham! Begini nih contohnya “Eh, Yun! Ambilkan pih tasku di rak! Biarkan mih buku-buku da jatuh!” Nah.. bingung bacanya, kan?
Kurang lebih seperti itu.
“Sepuluh menit lagi!” Deyana menyambungkan.
Deyana itu teman dekatku. Dia sangat lembut selembut kapas, dramatis! Dia juga berkulit putih. Agak manja. Dia juga manis, nggak jauh beda dengan saya. Hehe.. nggak papa dong saya nambah-nambahin status yang baek untuk saya sendiri. Saya kan tokoh paling utama! Terserah saya dong! Piss yo!! :)
Singkatnya, saya sudah menyebut tiga teman saya. Melisa yang baik, Yuna yang tegas dan Deyana yang lembut. Itu ciri khas baiknya. Kalo buruknya.. nggak usah saya sebut ya? Nanti mereka jadi sentimen sama saya. Hoho..
Pekan pertama kuliah memang menegangkan. Ini awal interaksi kami dengan dunia luar pondok. Di pondok pesantren kami hanya bertinggalkan manusia-manusia turunan Hawa. Semuanya perempuan. Tapi itu kebanyakan. Nggak semuanya. Ada juga Pengasuh pondok dan beberapa pengajar. Pekerja pondok pun tidak semuanya perempuan.
Ladang jihad kami sekarang berbeda. Dulu kami menghadapi santri-santri dan ustadz-ustadzah. Sekarang? Ribuan masyarakat yang berposisikan di satu kota. Kendari pastinya. Dan kami selalu berdo’a. Semoga saja kami dan seluruh masyarakat Kota Kendari menjadi manusia terbaik dari hari ke hari. Aamiin Ya Rabb!
“Jangan ngelamun, Ya! Ayo masuk! Dosen Matematika udah dateng tuh!” dan pagi itu semuanya terasa berat. Deyana masih mematung sambil tersenyum menunggu saya. Saya pun tersenyum balik. Langkah kaki harus saya mantapkan!
Pagi yang cerah untuk meraih masa depan yang juga cerah.
ṧṧṧ

28 komentar:

  1. Balasan
    1. hahhaha,, lupa diganti,, abis diganti ntu viss,, hehehe,, okokok s edit dl,, hahayy..

      Hapus
  2. waw mbak akib ini ternyata seorang akhwat yang bergerak dibidang dakwah yak masya Allah luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hei hei hei,, tp gak se ekstrim 'akhwat' yg biasa dimaksud,, gue blom sangguphhhh.. hehe

      Hapus
  3. jadi inget waktu ngampus .... pengen kembali ke masa lalu dari pada terus masa gini hehehe

    BalasHapus
  4. gak sabar mahu kuliah juga ni...

    BalasHapus
  5. Wah, alumni Pondok Pesantren ya?
    Saya punya temen alumni Ponpes..
    Setelah keluar dr Ponpes, dia masih suka ngomong pake bahasa Arab gitu..
    Yang saya inget, dia sering nyebut Ana, Antum, Anti, Akhi, Ukhti, Antunna, Syukron, Afwan, dan masih banyak lagi xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho,,
      iya mbak tau GONTOR?? ya sy almuni situ,, hohoho..^^

      Hapus
    2. TAU!
      Itu kan terkenal :p
      Ustadz yang sering ceramah di kampus juga alumni Gontor :D

      Hapus
  6. Semangaaatt dakwahnya, cerahkan yang masih sewel, hahaha

    BalasHapus
  7. wuahahah sama mbak gue juga ikhwan yang ikut "itu" tuh ,,
    cuma beda umur aja . .:D

    BalasHapus
  8. mbak kamu akhwat ya? bisa berbahasa inggris dan arab :)
    keren mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhwat yg sy maksud disini brrtikan 'saudari2' ato barudak lahh,, ekstrim bget klo pke arti akhwat yg dikenal publik skrg,, hehehehe,,

      Hapus
  9. Aaak kali saya tahun depan aru kuliah :')

    BalasHapus
  10. wah kakak saya jdi ngiler mau kuliah

    BalasHapus
    Balasan
    1. blajar dl sonooo,, yg rajin,, biar klo udah kuliah ntar,, dpet nilai yg bagus,, hoho,,^^

      Hapus
  11. wow... yg terakhir tuh matematika? oh noo , enggak deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaa,, matematika ekonomi,, ribetnya diaplikasi,, gak cm itung rumus buta kyk anak Jurusan Matematika,, hehehe,, piss,, *siap ditabokin..

      Hapus
  12. uNTUNG AJA GAK D PLESETIN JADI SYAHWAT. hehehehehehe. cciiisssss

    BalasHapus
  13. Jadi udah perkenalannya neng.Hehehe

    Suka gosip juga rupanya.

    BalasHapus
  14. mbak akib semester berapa mbak sekarang ???

    BalasHapus
  15. Asyik y lau bsa bhsa arab, sya jd pngen, hhm asyik jg y punya bnyk tman. Mga sukss dh kuliahnya.

    BalasHapus
  16. Asyik y lau bsa bhsa arab, sya jd pngen, hhm asyik jg y punya bnyk tman. Mga sukss dh kuliahnya.

    BalasHapus
  17. tanggung jawabnya jd lebih besar skrg :') smangattt

    BalasHapus

Di bawah entri laman