Rabu, 19 Desember 2012

Surat Cinta Untuk Mama

Kendari, 19 Desember 2012
Pukul 23:51 WITA
Kepada Ytc. :

            Mama

oohh,, if i could turn back d time rewind
if i could make it undone i swear that i would
i would make it up to you...
Mom i'm all grown up now
it;s brand new day
i'd like to put a smile on your face everyday..
u are d number one for me...

            Assalamu’alaikum...

         Selamat malam, Ma! Bagaimana kabar Mama hari ini? Kuharap Mama selalu berada dalam keadaan sehat dan di bawah rahmat-Nya. Aamiin...

           Mama sudah tidur, ya? Malam ini dingin ya, Ma?! Tadi sore hujannya deras. Setiap hujan turun aku selalu ingat Mama. Disana aku berdo’a banyak untuk Mama. Do’anya biar aku dan Allah saja yang tahu. Semuanya untuk Mama... :)

          Mama marah, ya pagi ini?! aku memang keterlaluan. Menuoci pintu kamar dan tak keluar seharian. Aku tahu. Mama kesal sekali padaku. Tadi pagi kudengar omelan Mama. Mama menyindirku yang mengunci kamar seraya masih tertidur. Mama menyebut cuci piring, menyapu halaman, menyapu ruang tamu dan membersihkan dapur. Aku mengerti maksud Mama, Mama menyuruhku melakukan itu semua. Mungkin Mama berfikir bahwa aku masih tidur. Aku pun tak mau keluar kamar. Aku sakit hati, Ma! Mama menyindir sih...

            Aku pun pergi ke kampus tanpa pamit.

        Lagi-lagi Mama menyindir tentang kegiatanku hari ini. Pulang kampus tadi Mama sambut aku dengan sindiran. Perih, Ma! Bisakah kita bicarakan ini baik-baik?!


           Tadi mama menanyakanku tentang warna baju yang cocok untuk Mama kenakan. Aku tahu Mama tersenyum saat mengatakan “yang ini bagus tidak?”, namun entah mengapa aku menjawab datar tanpa melirik Mama. Seketika butiran bening menetes perlahan.


           Mungkin karena aku sudah cukup besar untuk memaham kehidupan. Seharusnya aku yang memulai tanpa harus disuruh.

            Aku yang salah, Ma! Maafkan aku!

          Ingin rasanya memeluk Mama, mengatakan “maafkan aku, aku cinta mama”, namun entah mengapa sulit untuk melakukannya. Terlalu kaku menurutku. Mungkin karena terbiasa diam dan menyemburkan hawa sepi-tegang dalam rumah. Ingin mencairkannya, hanya saja aku bingung. Batinku berteriak lemah.

            Dari dulu aku selalu berjanji akan membahagiakan Mama, namun hingga saat ini aku belum pernah melakukannya. Niat teguhku kuat, Ma. Namun tak pernah ku realisasikan.

        Aku ini keras kepala ya, Ma?! Sudah sering dinasehati tapi sering juga kuulangi kesalahan itu. Aku selalu marah dan kesal bila Mama mendikte-ku seolah-olah aku anak kecil. Aku egois ya, Ma?! Membiarkan Mama membabat habis pekerjaan rumah sedangkan aku berkeliaran di luar rumah. Jarang bantu Mama sedangkan Mama selalu membantuku.

            Aku ingat waktu aku terbaring lemah. Sakit. Semuanya Mama yang kerjakan. Mulai dari pekerjaan rumah hingga mencucikan pakaianku. Aku pernah dengar Mama berdo’a, saat aku pura-pura tertidur. Mama bilang, biarkan Mama saja yang sakit, tapi jangan anaknya Mama.

             Aku tercekat.

          Ada butiran bening membanjir di pipi Mama. Aku mendengar do’a Mama untukku. Aku mendengarnya...

           Aku yakin, Mama disayang oleh Allah. Mama selalu bangun di tengah malam. Aku tahu Mama selalu menangis ketika berdo’a. Tenang, Ma! Ribuan malaikat ikut meng-amin-i do’a Mama. Dinding langit bergetar. Lantunan ayat yang Mama bacakan menjadi nyanyian indah di surga sana.

            Cinta Mama begitu tulus. Sempurna sekali Allah menciptakan hati Mama.

           Sekarang sudah pukul 00:13, hari ini hari lahir Mama. Berapa umur Mama? Lima puluh dua. Aku ingat. Mama sudah tua, ya?! Kejam sekali aku jika meninggalkan Mama dengan beban. Tenang, Ma! Aku akan selalu di sisi Mama. Apa yang Mama butuhkan, katakan padaku! Aku di sini, Ma. Bersama Mama...

            Surat ini ku simpan di atas sajadah Mama, aku yakin dua jam lagi Mama bangun. Peluk aku jika Mama sudah membacanya... ya, Ma?!

            Esok matahari terbit, akan kutunjukkan pada Mama, hangatnya mentari memeluk batin Mama. Akan ku ukir senyuman di langit. Mengajak Mama menari di atas awan, merakit angin dan bermain bersama hujan. Akan ku abadikan senyum Mama hingga nafas ini terhenti. Aku berjanji tak kan mengecewakan Mama lagi.

            Aku cinta Mama.
            Selamanya.
Wassalam, kendari 20 Desember 2012 Pukul 00:27 WITA
Shabria Akib,
anak manis Mama yang masih belajar tentang arti tulus dalam cinta.

48 komentar:

  1. aduh ukhti, aku merinding membacanya, soalnya aku juga sering begitu..malas malasan membantu Ibuku di rumah..
    inspiratif ukhti, semoga bisa jadi pelajaran buat yang mbaca.. *langsungngaca
    salam kenal, ijin follow, folbek kalo berkenan :)

    BalasHapus
  2. semoga ibumu senantiasa dalam keadaan baik dan sehat btw kamu dari kendari yahh ,gua nak kolaka :)salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,,
      iya,, kendari,, kolaka ya?? deket dungg..
      salam kenal jg,,^^

      Hapus
  3. Uwahh lur biasa, trharu saya bcanya.
    Jd suratnya bnar2 dkasi ke mama neh ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. blom berani ternyata,, hehehee,, tau nihh,, tadinya mau aku kasih,, tp gmn ya,, aneh ahh rasax,, hehehe

      Hapus
  4. Wah inisangat bagus, kalimat yang sangat indah, sepertinya bisa di contoh dan menjadi acuan juga utk membuat surat cinta utk mama, bahkan utk pacar..hehe..
    Terima kasih sudah berbagi, jangan lupa mampir

    BalasHapus
  5. Kak! Ini bener surat untuk mama-nya?

    Udah bener ditaro disajadahnya belom?
    Udah dibaca sama mamanya?
    Gimana perasaan mamanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya bgtu,, pdhl aq nulis di jam yg tepat.. tp tau nihh,, gak jadi,, hhaha

      Hapus
  6. aku jadi sedih baca surat ini
    hikkksss
    penasaran nunggu surat ini dibaca sama mamanya Akib
    pasti nanti suasananya lebih mengharu biru lagi
    huaaaaa sedih ikut terharu

    BalasHapus
  7. jadi kangen sama mama ku... :'(
    salam kenal... :)

    BalasHapus
  8. so sweet dear :')

    sudah dipeluk mamanya dong ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipeluk sihh udah,, tp mama gak tw ttg surat nii,, hehehhe

      Hapus
    2. Wuih, saya terharu loh kakak :'(

      Hapus
  9. tulisanmu menyentuh hati jadi kangen keluarga nih

    BalasHapus
  10. gw jdi kpikiran, kpan gw bsa bhagiain nyokap??
    bos, anak pndok y?

    BalasHapus
  11. Keren nih, masih muda udah mengerti harus mencintai ibu. muliakan ya dik (berasa tua nih), sorga aja dibawah telapak kakinya.

    BalasHapus
  12. mama kamu pasti termehek-mehek setelah baca tulisan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pasti anak ama mama jadi host termehek2 di TV haha

      Hapus
    2. iya nem bener banget seperti itu,

      oh iya nem makasih

      Hapus
  13. huh..
    setidaknya udah ada niat buat lo berubah lebih care lagi sama ibu lo. Gue juga kadang merasa apa yang lo ceritakan itu ibu gue juga lakuin :D

    tapi beneran tulisan ini lo sisipin di sajadah ibu? terus gimana responnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya gue niat gt,, tp tau nihh,, kagak jadi,, teuing jg,, blom berani gue,, hehhhe

      Hapus
    2. semoga aja dikemudian hari lo ga perlu lewat surat-suratan, langsung tatap muka aja ngomong sama ibu. setidaknya udah ada niat yang baik.

      Hapus
  14. *GUE LAP AIR MATA GUE DULU YEE

    terharu juga gue baca.nya. .gue baca ini sambil mbayangin gue sama ibu gue, gue banyak salah sama ibu gue *Ehh kenapa gue yg curhat.

    Hmmm, mama kamu pastti ngerti dengan kelakuan anak.nya. dia baca surat.mu pasti seneng !!

    BalasHapus
  15. titip salam buat mama..bilang dari jue yang cantik orang malaysia..hihihii

    BalasHapus
  16. ibu ku sayang masih terus berjalan walau tapak kaki penuh nanah penuh darah :(

    BalasHapus
  17. ya kakak aku jadi ke inget mama di kampung, ingin segera pulang memohon maaf.

    BalasHapus
  18. jadi terharu kalo ngomongin ibu, terlalu banyak pengorbannya tapi sedikit waktu untuk membalasnya..

    BalasHapus
  19. terharu ..aku bacanya ..:)


    keep blogging ya
    #bloggerEnergy

    BalasHapus
  20. saya baru pertama baca yang kayak ginian mbak shab.
    kalo emang beneran kayak yang diatas, lu emang keterlaluan mbak, beneran dah :)

    tapi kalo lu sadar, saya mah salut sama mbak Shab :)

    BalasHapus
  21. ane tak pernah dan tak akan bisa lagi nulis surat untuk mama :((

    salam kenal ya, walau beda grup bloger, kita harus tetap silaturahmi,

    berhasil jadi member ke 61, kalo berkenan folbek ya

    BalasHapus
  22. kalau cinta mama, maka harus bisa berbuat yg terbaik untuk mama donk. Ayo buktikan dengan semangat & kerja keras :)

    BalasHapus
  23. tanpa minta ijin dari yang punya yang manis,

    saya follow, ya, hehe

    sebisa mungkin bahagiain mama ya, selagi kamu masih bisa, ini pesen serius yang udah gak punya kesempatan buat ngelakuin hal itu :)

    BalasHapus
  24. hiks hiks :'( mamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa -_-

    BalasHapus
  25. kunjungan perdana sobat, sambil baca2 :)
    visit n koment back ya dblogq :)
    skalian follow blogq y nanti ak folback

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jauh dari mama,
      teringat mama saat membaca semua ini,
      miss u mom...

      Hapus
  26. salam kenal, folbek ya.., makacihhh! *smile

    BalasHapus
  27. Saya jadi tersentuh. Nanti malam telpon Ibu ah. Lama nggak dengar suaranya.

    BalasHapus

Di bawah entri laman