Sabtu, 18 Februari 2012

Patah Hati? Wajar Kalee!


G                          Em
Engkau yang sedang patah hati
  Am                        D  
Menangislah dan jangan ragu ungkapkan
  Bm                      Em
Betapa pedih hati yang tersakiti
      Am                     D
Racun yang membunuhmu secara perlahan

            Well! Baru kali ini saya merasakan yang namanya patah hati. Dari dulu saya selalu bertanya dalam hati, patah hati itu gimana ya? Kok orang-orang keliatan menderita banget?  Ternyata benar. Rasanya sakit.
            Heemm.. mungkin ini salah satu prinsip saya untuk tidak pacaran. Ana nggak mau sakit hati! Tapi perasaan tidak bisa berbohong. Saya juga bingung, kok bisa sih saya suka sama dia?
            So, ini yang membuat saya kesal. Sebenarnya saya sama sekali tidak merasakan apa-apa ketika dia datang. Bahkan saya tertawa jika dia ber-acting bak romeo. Jujur saja, saya paling tidak suka mendengar gombalan! Menurut saya itu, menjijikkan!
            Saya kembali memetik gitar milik adik saya yang baru ia beli beberapa hari lalu. Yang saya herankan, mengapa saya menangis? Bodoh sekali! Ngapain juga mikirin dia?!
            Tiba-tiba saja Nadin menelpon, “Afwan, Ya! Baru bales SMS ente. Ente kenapa?”
            Entah mengapa lagi perasaan ini membludak, tangis saya pun pecah, “Ana patah hati nih, Na!” sedikit ada nada ragu untuk mengutarakannya.
            “Ya Allah, Ya! Siapa yang bikin ente patah sih?”
            “Yang kemarin ana ceritain ke ente!”
            “Oh.. yang terus nelponin ente pas ente sakit itu, ya? Ketua band yang namanya An..”
            “Ssstt! Jangan sebut nama dia lagi! Sakit, Na!”
            “Hoho.. oke-oke. Besok cerita, ya?!”
ṧṧṧ
            “Eh, Ya! Tadi Agung nitip absen. Katanya dia nggak bis..” Deyana memegang kedua pundak saya, “Ente kenapa, Ya?”
            “Diem ajah! Aya lagi sakit tuh!” Nadin membela.
            “Kok ente tau, Na?”
            “Dia abis cerita tadi malem, pake nangis-nangis lagi!” Nadin terkekeh. Nggak lucu tau, Na! Saya menatap Nadin kosong.
            “Eh, Ya! Novel ente kapan terbit?”
            “Diem, Yuna! Aya lagi sakit!” Deyana memperaktekkan gaya khas Nadin.
            Yuna bingung, “Sakit? Gara-gara apa?”
            “Patah hati!” jawab saya tanpa basa-basi.
            “Aduuhhhh.. pangeran yang mana sih, yang udah bikin Princess Aya menangis?”
            Saya memandang mereka satu persatu. Kalo di sinetron-sinetron, pandangan itu meminta persetujuan. Maka yang dipandang pun mengangguk meyakinkan. Pas banget deh kayak sinetron Binar Bening Berlian!
            “Maka dari itu ana nggak pernah berani suka sama orang yang belum dihalalkan Sang Pemilik Cinta. Kalo pun ana ada perasaan sama cowok, ana langsung inget, mau ditinggalin dia? Dia kan cuma ingin pacaran! Kalo udah bosen ente bakal dibuang! Kecuali kalo dia pengen serius ke ente! Itu yang ana pikirin”
            “Sama kok, Ya! Ana juga gitu! Kita semua bahkan!” Yuna tersenyum. Tegas. “Ente tau dia?” Yuna menunjuk cowok yang sedang duduk di atas Kawasaki silvernya. “Dia dulu nunjukin rasa sukanya ke ana. Tanya Ami!”
            Ami mengangguk manis. Membenarkan.
            “Dia sering cari perhatian ke ana. Bukannya ana ge er loh!” Yuna melirik Erika yang tersenyum seakan bilang Right! “Sikapnya yang nggak wajar itu yang bikin ana paham kalo dia suka sama ana. Tampang sih not bad! Gayanya juga cukup sopan. Nggak buruk-buruk amet lah. Tapi ana sengaja memperlihatkan sikap nggak suka ana! Sampe-sampe dia menunjukkan bahwa ia udah nggak butuh ana. Kita bisa menilai, kan?! Orang yang sengaja caper dan yang nggak?”
            “Kok ente gitu? Kenapa ente bikin dia kesel?” saya mulai antusias.
            “Ana risih! Lagian ana nggak mau dia sampe ngutarain his feeling. Dia kelihatan maen-maen dalam cinta! Nggak gentle! Hehe..”
            Saya tersenyum kecut. Merasa lucu. Ternyata Yuna bisa ngomong kayak gini juga!
 “Ana sering malah!” sambung Deyana. Teman saya yang satu ini memang bak primadona di kampus. Jadi wajar kalo banyak yang suka. Bohong yang bilang kalo Deyana nih buruk rupa!
            “Maksud ente, Yan? Sering patah hati?” Erika mulai nggak konek.
            “Bukan. Ana sering bikin anak orang patah hati! Hehe..”
            Ahh.. Deyana! Ada-ada aja! “Ente jahat, Yan!”
            “Lho? Dalam urusan ginian kita nggak bisa maen-maen. Mereka itu ngomongnya nembak! Maunya pacaran. Ya ana mana mau! Ada sih, yang serius! Tapi dia nyuruh ana nunggu sampe dia lulus kuliah! Wah.. ana nggak mau memendam cinta selama 4 tahun! Mending kalo 4 tahun berikutnya dia bener-bener nepatin janji. Kalo nggak? Begitu pula sebaliknya. Siapa yang tau keadaan hari esok selain Sang Sutradara!”
            “Untuk itu ente tolak?” sela Ami.
            “Prinsip ana he’s the first and he’s the last! Ana nggak pernah mau pacaran!”
            “Ente bener, Yan!” Erika menunduk dalam. “Sampe sekarang, ana masih risih sama dia. Padahal ana udah bilang kalo ana nggak bisa pacaran!”
            “Temen kita yang kemaren nyapa ente depan foto kopi, ya?”
            Erika mengangguk.
            “Dia masih berkeliaran di sekitar Erika. Untuk menyelesaikan cinta yang belum kelar!” ketus Ami tertawa. Disusul tawa kami yang menghangatkan suasana.
            “Ana malah pernah diajak ketemuan” Ami memulai ceritanya. “Dia itu temen kakak ana. Ana nggak ngasih jawaban pas dia nembak. Karena ana ngerti, dia juga hanya ingin pacaran sama ana”
            “Trus?”
            “Di sisi lain ana terlanjur illfeel sama dia!” Ami mengatur nafasnya, “Masa dia bersihin telinganya di depan ana!”
            Serentak kami tertawa. Ada-ada ajah!
            Tiba-tiba saja, Nadin memegang tangan saya, “Ceritanya gimana sih, Ya? Kok ente sampe patah hati? Dia mutusin ente, ya?”
            Sekejap garis tawa saya pudar.
            Semuanya mengarah ke saya. Diawali tarikan nafas yang panjang, saya memulainya.
            Dia itu teman kakak saya. Persis seperti kisahnya Ami, lewat kakak saya dia mengenali siapa saya. Dia mulai sering menelpon. Karena cara dia sopan, saya menerima telpon dia dan bercerita banyak hal. Dia juga rame dan tidak terdengar dibuat-buat. Saya sama sekali tidak punya perasaan lebih terhadapnya. Saya hanya menganggapnya teman dan biasanya kami saling mengejek bercanda. Toh beda umur kami hanya dua tahun.
            Suatu ketika dia bertanya “kamu udah punya pacar?” Refleks saya menjawab “Saya nggak mau pacaran. Keeping this heart for him. Dia yang seumur hidup!”
            Dia pun tertawa, kembali melanjutkan ceritanya. Tentang Liga Inggris, karena saya suka menonton bola. Jadi bawaan pembahasan kami adalah bola. Untuk itu kami nyambung-nyambung saja.
            Suatu hari di sela-sela tawa kami, dia bertanya “Aku love nih, sama kamu! Kamu mau nggak jadi cewek aku?” saya masih tertawa, bahkan sengaja tidak menghentikan tawa saya, saya jawab “Ngaco! Aku kan udah bilang. Aku nggak mau pacaran!”
            Well. Seiring berjalannya waktu, dia masih sering menelpon. Dia tidak pernah menelpon di malam hari. Mungkin dia paham, itu nggak sopan! Bahasanya pun sopan. Bawaannya lucu. Sehingga suatu hari saya jatuh sakit. Flu berat. Bete! Mengharap akhwats ada yang nelpon. Seenggaknya SMS.
            Saya terkaget, nama dia written di layar HP saya. Calling.  “Napa?” tanya saya ketus.
            “Cuma mau ngingetin. Ntar malem Arsenal vs Chelsea”
            Waduh.. udah tahu saya sakit. Mana bisa saya..
            “Kok diem? Cuma ngasih tau doang! Kali aja kamu boring. Kan better nonton dari pada tiduran. Ntar pusing loh!” candanya jayus.
            Saya tertawa saja. Karena saya merasa terhibur. Cukup lama dia bercerita. Hampir dua jam. Bahkan sampai tak ada pembahasan. Dia pun sampai ngomong “Engg.. apa lagi ya?” Dan saya hanya tertawa. Toh saya nggak bisa bicara banyak. Batuk terus.
            Saya mulai terhibur. Pusing yang tadi memakan saraf-saraf otak pun menghilang. Ada satu kalimat yang membuat saya terdiam, entah mengapa saya berat mengatakannya.
            Saat itu dia ngomong “Ya, sebelum aku say love sama orang lain, aku say love sama kamu dulu. Kamu mau nggak?”
            Sejenak saya terhenti. “Ya udah! say love ajah sama dia! Kenapa harus tanya aku?” aku tertawa kecil.
            “Baiklah. Udah dulu, ya! Aku mau Sholat Jumat!”
            Setelah kalimat salam, dia menutup teleponnya. Saya sedikit terpaku. Namun terbesit hawa tenang. Entah apa artinya.
            Karena bosan, saya membuka Facebook Window. Ada banyak status teman saya like. Namun satu kolom membuat saya tercekat. Bla bla bla telah berpacaran dengan bla bla bla.
            Saya membisu.
            Entah mengapa saya merasa sakit. Perih. Amat perih. Seakan saya menyesal. Mengapa harus menyesal? Toh saya memang tidak menyukainya. Ada apa ini?
            Saya terduduk. Tombol create new message pun saya tekan. “Na, ana pengen ngomong! Sekarang!” pesan itu saya kirim ke Nadin.
            Dan kini tak ada lagi kabar tentangnya. Mestinya saya bersyukur. Allah menyelamatkan saya dari jilatan api siksaan-Nya. Saya sempat merasakan sebuah rasa yang seharusnya tak perlu hadir. Seketika saya menangis. Mengharap ampunan-Nya.
            “Itu pilihan yang tepat, Ya! Nggak banyak orang yang bisa mengambil keputusan bijak kayak ente. Walau itu terasa sakit. Entelah orang yang terplih! Trust me!” Yuna memelukku erat. Disusul akhwats yang ikut menghangatkan hawa di sekitarku.
            “Tenks akhwat! Nggak nyesel berteman ama antunna!”
            Saya kembali melihat warna daun yang hijau.
ṧṧṧ
            Tidak salah bagi turunan Hawa merasakan getaran hebatnya cinta. Fitrah bagi mereka jika rasa itu mendekat. Sebagai pemanis hidup yang Allah berikan pada mereka. Namun, dimana letak ketidak halalnya?
            Rasa itu pula lah yang menjadi peluru untuk menghancurkan tiang cinta mereka pada-Nya. Bullshit yang bilang “aku cinta kamu karena Allah” sedangkan keduanya belum terjalin suci di hadapan-Nya!
            Maka manusia diwajibkan untuk selalu menjaga pandangannya. Ada baiknya pula jika manusia menjaga hatinya hanya untuk dia yang halal nanti. Manusia masih butuh belajar banyak hal. Termasuk tentang penempatan rasa cinta.
            Karena cinta... harus diupayakan..
ṧṧṧ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Di bawah entri laman